Rumah Residen Rembang (Residentiehuis Rembang)

image

Rumah Residen di Rembang dibangun sekitar tahun 1747, sebagai salah satu bangunan yang terletak di dalam benteng VOC yang dibangun di tepi pantai setelah pemindahan benteng VOC dari Lasem ke Rembang.

Pada abad ke -19, tembok benteng dibongkar dan halaman benteng menjadi taman indah di sekeliling rumah residen.

image

Rumah Residen Rembang ini merupakan rumah bergaya arsitektur dari abad ke -18 dan ke -19. Layaknya rumah mewah di Eropa, besar, lebar dan berlantai dua. Memiliki balkon yang luas. Bentuk atap yang mengadopsi bentuk atap rumah Jawa pada umumnya. Barisan tiang besar berjajar di beranda yang luas, yang berfungsi sebagai area pendopo penerima tamu.

Kini bangunan Rumah Residen Rembang tersebut sudah tidak tersisa lagi. Seluruh bangunannya telah dibongkar habis dan dibangun Gedung DPRD Rembang di atasnya.

image

Teramat disayangkan, bangunan bernilai sejarah di kabupaten Rembang tersebut kini tinggal kenangan. Bangunan yang semestinya merupakan bangunan heritage dan bernilai sejarah dan budaya tersebut terlindas arus modernisasi.

Bandingkan dengan Rumah Residen di kota Surabaya yang sekarang menjadi Rumah Dinas Gubernur Jatim (Gedung Grahadi), di Magelang dan kota lain di Jawa yang masih eksis berdiri dan dilestarikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s